Jumat, 31 Agustus 2012

Ganspala Caving


Caving

(Eksplorasi gua )

 Salam rimba!!



Caving diambil dari kata “cave” yang berarti gua, dapat diartikan sebagai kegiatan atau olah raga penelusuran gua. Caving sangat erat hubungannya dengan kegiatan ilmiah dalam Speleologi (ilmu tentang gua). Itulah sebabnya caving dan speleologi merupakan dua istilah yang tidak dapat dipisahkan.


 

Ornamen gua terbentuk akibat adanya endapan-endapan kalsium yang terjadi melalui tetes-tetes air ataupun karena ter-erosi oleh aliran air. Pembentukan ornamen ini tidak membutuhkan waktu yang cepat.













Caving kadangkala dilakukan hanya untuk kenikmatan melakukan aktivitas tersebut atau untuk latihan fisik, tetap awal penjelajahan, atau ilmu fisik dan biologi juga memegang peranan penting


  
 









Sistem gua yang belum dijelajahi terdiri dari beberapa daerah di bumi dan banyak usaha dilakukan untuk mencari dan menjelajahi mereka. Di wilayah yang telah dijelajahi (seperti banyak negara dunia pertama), kebanyakan gua telah dijelajahi, dan menemukan gua baru seringkali memerlukan penggalian gua atau penyelaman gua.













Gua telah dieksplorasi karena kebutuhan (untuk berlindung dari unsur-unsur atau dari musuh), keluar dari rasa ingin tahu, atau karena alasan mistis selama ribuan tahun. Namun, hanya pada abad terakhir atau dua memiliki aktivitas berkembang menjadi hobi, canggih atletik. Dalam beberapa dekade terakhir, caving telah berubah jauh karena ketersediaan memakai pelindung dan peralatan modern.



Eksplorasi gua membawa kita ke dunia yang jauh berbeda dari yang di atas tanah, sebuah dunia kegelapan dikelilingi oleh batuan dan lumpur. Eksotis formasi, sungai dan air terjun, crawlways ketat, ngarai dan lubang, kamar besar dengan blok besar dari kerusakan, jangkrik, kelelawar dan tikus gua menunggu explorer gua.. Gua yang ditemukan di seluruh dunia dan di berbagai pengaturan, dari lingkungan alpine dingin untuk menghangatkan hutan hujan tropis, dan terbentuk melalui berbagai proses alam.


 






Keindahan dan keajaiban alam tidak hanya yang ada di permukaan bumi. Di dalam bumi pun, banyak sekali keindahan dan keajaiban alam yang bisa kita nikmati, dipersembahkan khusu bagi anda yang senang bertualangan dan melakukan hal-hal baru.





 
Eksplorasi gua membawa kita ke dunia yang jauh berbeda dari yang di atas tanah, sebuah dunia kegelapan dikelilingi oleh batuan dan lumpur. Eksotis formasi, sungai dan air terjun, crawlways ketat, ngarai dan lubang, kamar besar dengan blok besar dari kerusakan, jangkrik, kelelawar dan tikus gua menunggu explorer gua.. Gua yang ditemukan di seluruh dunia dan di berbagai pengaturan, dari lingkungan alpine dingin untuk menghangatkan hutan hujan tropis, dan terbentuk melalui berbagai proses alam.


 Lestari!!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar